Jumat, 20 November 2020

Ulasan Seputar Keuntungan dan Kekurangan dari Layanan Rapid Test

Rapid test dikenal sebagai screening awal untuk mendeteksi apakah seseorang terkena virus corona. Sekarang ini layanan rapid test sangat mudah didapatkan dan tidak perlu untuk menunggu apabila Anda mempunyai gejala terserang corona. Pada awalnya pemeriksaan rapid test diprioritaskan untuk beberapa kalangan saja. Seperti yang mempunyai gejala batuk, sesak nafas, hingga mengalami demam tinggi. Selain itu bagi kelompok yang beresiko seperti pada perawat, dokter, dan juga profesi lainnya yang berhubungan dengan banyak orang dan bisa terkena virus corona. Rapid test sekarang ini bisa dilakukan di banyak tempat. Sehingga pemeriksaan rapid test bisa Anda dapatkan di klinik, puskesmas, rumah sakit, ataupun menggunakan layanan yang datang ke rumah. Selain bisa memilih tempat mendapatkan layanan ini, rapid test juga mempunyai beberapa keuntungan yang dipunyai. Adapun untuk beberapa keuntungan dari rapid test adalah :

Ulasan Seputar Keuntungan dan Kekurangan dari Layanan Rapid Test

1. Mempunyai biaya terjangkau

Keuntungan pertama dari rapid test adalah bisa dilakukan dengan biaya terjangkau. Biaya yang diperlukan biasanya kurang lebih 100 hingga 200 ribuan saja untuk mendapatkan rapid test yang dibutuhkan. Sehingga dengan biaya terjangkau tersebut, pemeriksaan rapid test ini bisa dipilih oleh siapa saja. Biaya untuk melakukan pemeriksaan rapid test ini juga jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya tes pemeriksaan covid-19 yang lain.


2. Pemeriksaan yang mudah

Keuntungan selanjutnya dari pemeriksaan rapid test adalah dari langkahnya yang mudah. Apabila Anda sudah pernah untuk mengecek golongan darah, maka nantinya cara pemeriksaan rapid test yang dilakukan juga kurang lebih sama. Rapid test akan mengambil sampel darah yang bisa didapatkan dari ujung jari. Sehingga hal tersebut tidak akan sakit atau membutuhkan waktu lama. Contoh darah tersebut akan diteteskan pada alat rapid test. selanjutnya adalah akan diberikan cairan untuk menandai antibodi pada alat tersebut. Sehingga hal tersebut akan dapat mengetahui apakah Anda reaktif.


3. Pemeriksaan yang cepat

Keuntungan selanjutnya dari rapid test adalah mempunyai pemeriksaan yang cepat. Anda bisa untuk melakukan pemeriksaan yang akan mendapatkan hasil rapid test cepat. Waktu setelah pengetesan dan mendapatkan hasilnya biasanya hanya 15 menit saja. Oleh karena itulah jenis pemeriksaan ini juga bisa ditunggu untuk mendapatkan hasilnya secara langsung. Anda bisa untuk melakukan pemeriksaan dengan mudah dan cepat di tempat yang diinginkan.

 

Akan tetapi selain keuntungan di atas, rapid test ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang dipunyainya. Sehingga hal tersebut bisa menjadi pertimbangan ketika Anda akan melakukan pemeriksaan dengan metode rapid test. Akan tetapi di Indonesia sendiri rapid tes merupakan langkah awal untuk mendeteksi corona, sehingga pada umumnya semua pihak menggunakan metode yang satu ini. Setelah reaktif pada pemeriksaan rapid test ini baru akan melakukan pemeriksaan tahap lanjutan untuk menentukan langkah yang akan diambil.

 

Adapun untuk beberapa kekurangan yang dipunyai oleh layanan rapid test ini adalah sebagai berikut ini :

  1. Hanya mempunyai fungsi untuk mengecek antibodi yang ada di dalam tubuh. Rapid test mempunyai fungsi untuk mengetahui apakah tubuh reaktif terhadap antibodi yang dapat muncul ketika terpapar virus corona.
  2. Kekurangan yang kedua adalah perlu untuk melakukan tes ulang setelah tes yang pertama. Anda harus melakukan test ulang 2 minggu setelahnya untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.
  3. Apabila sudah pernah terpapar corona dan sudah sembuh, hasil rapid test akan tetap menunjukkan reaktif karena mempunyai antibodi virus corona.
banner
Latest
Next Post